Fasilitasi Penerapan Pembukaan Lahan Perkebunan Tanpa Bakar di Kalimantan Tengah

Fasilitasi Penerapan Pembukaan Lahan Perkebunan Tanpa Bakar di Kalimantan Tengah

Menindaklanjuti Inpres Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Karhutla dan Permentan Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Pembukaan dan/atau Pengolahan Lahan Perkebunan Tanpa Membakar, Direktorat Perlindungan Perkebunan - Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berperan aktif dalam melakukan pencegahan kebakaran yaitu melalui Demo Plot Pembukaan Lahan Perkebunan Tanpa Bakar (Demplot PLTB).

Demo Plot (Demplot) PLTB merupakan salah satu media untuk memberikan contoh/edukasi kepada masyarakat bahwa dalam kegiatan usaha budidaya tanaman perkebunan telah menerapkan teknologi zero burning melalui mekanisasi pada tahap pembukaan dan/atau pengolahan lahan. Kegiatan ini merupakan bukti bahwa Pemerintah memfasilitasi penerapan teknik zero burning tidak hanya pada usaha budidaya perkebunan dengan jenis Tanaman Perkebunan tertentu.


Dalam pelaksanaan Demplot PLTB tersebut, Ditjen Perkebunan memberikan kepada Pekebun berupa bantuan pembiayaan pembukaan lahan perkebunan dengan alat berat dan bantuan benih siap tanam. Salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan Demplot PLTB pada Tahun 2022 yaitu berada di Kab. Barito Selatan - Prov. Kalimantan Tengah yang merupakan daerah rawan terjadi karhutla.


Sejumlah 3.750 Benih Kelapa Sawit siap tanam telah diterima oleh kelompok tani Sumber Pemelum Desa Tamparak, Kec. Dusun Utara, Kab. Barito Selatan. Selain itu lahan seluas 25 Ha dalam proses pembukaan agar benih tersebut dapat segera ditanam.

Diharapkan kegiatan yang telah kami lakukan, dapat mengurangi resiko terjadinya kebakaran pada saat pembukaan lahan perkebunan.

Instagram
https://www.instagram.com/reel/Ciy1DWfJI7f/?utm_source=ig_web_copy_link

 

 

Penulis :

Iswanto
Kiswandhono
Rio Rakhmanandika Saputra